Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Candi Borobudur

Keindahan alam yang ada di daerah Jawa Tengah memang sudah tidak perlu diragukan lagi, tidak sedikit pula wisatawan yang datang lebih dari satu kali. Memang, wisata alam disana mempunyai daya tarik tersendiri, baik untuk masyarakat lokal atau dari seluruh penjuru dunia. Banyak wisatawan pergi berlibur karena beberapa alasan, seperti menenangkan diri setelah bekerja, mencari inspirasi atau karena kegemaran. Ketika pergi berlibur apakah menyenangkan jika sendirian ? Tentunya tidak bukan, oleh karena itu banyak wisatawan yang pergi bersama keluarga, sahabat atau orang tercinta, selain itu hal menarik yang bisa wisatawan rasakan adalah makan bersama di tempat wisata, sehingga liburan akan terasa semakin lengkap.

Candi Borobudur, tentunya nama tersebut sudah tidak asing lagi bukan ? Ya, candi tersebut adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia yang ada di Indonesia. Candi Borobudur berlokasi tepatnya di Magelang, Jawa Tengah. Jika wisatawan berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta maka hanya akan menempuh jarak sekitar 40 km, jarak sekitar 80 km dari Surakarta dan jarak sekitar 100 km dari Semarang.

Ciri Khas

Salah satu pendapat menyebutkan bahwa kata Borobudur terdiri dari dua suku kata, yaitu Bara dan Budur yang mempunyai arti berdiri di atas bukit. Candi Borobudur memiliki beberapa ciri khas, diantaranya yaitu :

  • Memiliki tinggi 34.5 meter (sebelum renovasi memiliki tinggi 42 meter).
  • Memiliki 10 tingkat.
  • Bangunan yang tersusun rapi.

Dari beberapa ciri khas tersebut membuat beberapa individu sudah bisa langsung mengenali bahwa nama yang dimaksud adalah Candi Borobudur dengan daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung setiap harinya baik masyarakat Indonesia atau dari negara lain. Di lokasi tersebut terdapat beberapa hal menarik yang bisa wisatawan rasakan, seperti :

Kereta Kelinci

Wisatawan yang datang bisa mencoba kereta kelinci yang akan berjalan di sekitar candi tersebut, sehingga untuk orang tua disarankan mencoba kereta kelinci bersama buah hatinya.

Bersepeda

Bersepeda di sekitar Candi Borobudur juga disarankan untuk wisatawan coba, selain ramah lingkungan wisatawan juga akan merasakan suasana sekitar candi sembari berolahraga.

Kuliner

Selain berwisata, disana wisatawan juga bisa merasakan makanan khas daerah dengan rasanya yang enak, sehingga sangat lengkap jika wisatawan makan bersama keluarga ditambah dengan suasana candi tersebut.

Hal Lain

Dari beberapa hal menarik diatas, salah satu hal lain yang harus wisatawan lihat secara langsung adalah melihat matahari terbit dan terbenam. Tidak sedikit wisatawan yang menanti waktu tersebut, karena keindahan alam yang ada akan membuat wisatawan semua terpesona, sehingga banyak wisatawan yang ingin mengambil foto atau video untuk kenangan.

Untuk wisatawan yang ingin masuk ke Candi Borobudur harus membeli tiket terlebih dahulu dengan rincian harga 12.000 rupiah untuk anak-anak dan 30.000 rupiah untuk orang dewasa. Candi Borobudur buka mulai jam 06.00 WIB sampai jam 17.00 WIB, sehingga wisatawan bisa lebih lama berlibur disana.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *