Liburan Sambil Belajar di Museum Kereta Api Ambarawa

Berlibur adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang paling di tunggu banyak masyarakat, bahkan ada yang sudah merencanakan berlibur dari jauh-jauh hari, seperti mempersiapkan tiket, pakaian serta lokasi wisata mana yang akan dituju. Berlibur salah satu kegiatan menyenangkan karena bisa untuk menenangkan fikiran, tidak sedikit pula wisatawan berlibur dengan tujuan utama mencari inspirasi. Jika berbicara tentang obyek wisata, maka Indonesia adalah salah satu negara dengan wisata alam dengan keindahan alam yang mempesona, sehingga banyak masyarakat dari berbagai penjuru dunia yang tertarik untuk berlibur ke Indonesia.

Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai obyek wisata dengan daya tariknya, salah satu provinsi yang mempunyai obyek wisata indah adalah Jawa Tengah, untuk keindahan alam tidak perlu diragukan lagi. Selain wisata alam yang indah, Jawa Tengah juga memiliki obyek wisata lain yang wajib dikunjungi, seperti wisata bangunan, wisata museum dan lainnya. Jika wisatawan ingin merasakan berlibur sambil belajar maka bisa mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa.

Lokasi

Museum tersebut berlokasi tepatnya di Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk wisatawan yang ingin pergi kesana maka bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Museum tersebut dibangun tahun 1873 pada masa Pemerintah Belanda di Ambarawa, kota tersebut dijadikan sebagai pangkalan militer Belanda, ketika sedang berada disana pengunjung bisa merasakan beberapa kegiatan menarik, diantaranya yaitu :

Melihat Kereta Zaman Dahulu

Banyak kereta atau lokomotif zaman dulu yang bisa dilihat, kereta api uap tersebut mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang datang lalu langsung mengambil foto atau video. Pengunjung dapat langsung melihat, mengetahui serta mengenal berbagai lokomotif disana.

Jalan-jalan dengan Kereta Api Uap

Kegiatan menyenangkan paling menarik banyak pengunjung adalah pergi jalan-jalan menggunakan kereta api uap tersebut, pengunjung akan dibawa keliling ke Ambarawa sampai Tuntang dengan kereta tersebut, perjalanan akan semakin menarik dengan pemandangan alam sepanjang kereta berjalan. Jika wisatawan tertarik untuk mencoba kereta api uap tersebut maka cukup mengeluarkan uang sebesar 50.000 rupiah per orang.

Belanja Souvenir

Ketika sedang pergi berlibur, tentunya salah satu hal yang selalu dilakukan wisatawan adalah belanja souvenir untuk dibawa pulang, oleh karena itu wisatawan bisa membeli souvenir menarik seperti miniatur kereta api dan lainnya disana.

Untuk wisatawan yang ingin berlama-lama disana maka bisa menginap pada penginapan di daerah sekitar museum tersebut, selain itu fasilitas lengkap juga bisa dirasakan seperti :

  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi umum
  • Wisata kuliner

Fasilitas tersebut akan membuat liburan wisatawan semakin lengkap, untuk bisa masuk ke Museum Kereta Api Ambarawa, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah untuk orang dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak, wisatawan bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *