Liburan Seru di Balik Cerita Mistis Lawang Sewu

Nama Lawang Sewu sudah lama dikenal banyak masyarakat Indonesia yang merupakan bangunan peninggalan masa Belanda sekitar tahun 1940.  Lawang Sewu sering diceritakan dengan cerita mistis yang ada disana, sampai terdapat film yang menceritakan tentang Lawang Sewu, namun benar tidaknya cerita tersebut tergantung pada kepercayaan masing-masing. Di balik cerita mistis tersebut, Lawang Sewu memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang penasaran untuk berkunjung ke lokasi tersebut.

Lawang Sewu (dalam bahasa jawa) memiliki arti Lawang atau pintu dan Sewu atau seribu. Ya, Lawang Sewu berarti pintu seribu. Apakah disana terdapat seribu pintu ? Tidak, karena memiliki banyak pintu, sehingga banyak masyarakat yang menyebutnya dengan lawang sewu. Tidak sedikit pula wisatawan dari negara lain yang datang, sehingga lokasi tersebut ramai dikunjungi, baik pada hari kerja atau libur.

Lokasi

Bangungan bersejarah tersebut berlokasi di Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Untuk wisatawan yang ingin berlibur kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Hal menarik yang harus wisatawan lihat adalah pada malam hari, karena ketika malam hari semua lampu yang ada di Lawang Sewu akan menyala semua ditambah dengan desain bangunan yang menarik, sehingga tidak sedikit pengunjung yang ingin melihat Lawang Sewu pada malam hari, tetapi berkunjung pada siang hari juga tetap menarik.

Wisata Dekat Lawang Sewu

Di daerah Semarang sendiri banyak lokasi wisata yang bisa wisatawan kunjungi, jika sedang berada di Lawang Sewu terdapat beberapa lokasi wisata lain disana, diantaranya yaitu :

  • Masjid Agung Jawa Tengah, masjid tersebut sudah dikenal banyak masyarakat Indonesia, berjarak sekitar 3.8 km dari Lawang Sewu, sehingga wisatawan wajib berkunjung ke masjid tersebut untuk beribadah.
  • Masjid Raya Baiturrahman, masjid selanjutnya yang harus wisatawan kunjungi untuk beribadah adalah Masjid Raya Baiturrahman yang berjarak 1.4 km dari Lawang Sewu.
  • Kota Lama Semarang, jika wisatawan ingin merasakan suasana Kota Semarang jaman dahulu maka bisa datang ke Kota Lama Semarang yang berjarak 2.6 km dari gedung Lawang Sewu.
  • Simpang Lima, banyak masyarakat Indonesia ketika mendengar nama kota Semarang maka akan mengenal dengan lokasi Simpang Lima. Ya, lokasi tersebut juga cukup ramai dikunjungi yang berjarak sekitar 1.5 km dari gedung Lawang Sewu.

Selain tempat wisata di atas masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa wisatawan kunjungi ketika berada di gedung Lawang Sewu.

Hara Tiket

Wisatawan yang ingin berkunjung kesana bisa datang pada pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB dengan harga tiket masuk 10.000 rupiah untuk orang dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak serta pelajar. Tidak lupa juga untuk wisatawan yang datang mengambil foto atau video untuk menjadi kenangan, selalu diingatkan juga untuk menjaga kebersihan yang ada disana dan di semua lokasi wisata agar kebersihan dan keindahannya tetap terjaga.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *