Wisata Candi Cetho yang Menarik Untuk Dikunjungi

Wisata candi tentunya memiliki pesona tersendiri yang mampu menarik banyak pengunjung yang datang setiap harinya, salah satu wisatawan ingin berlibur ke candi adalah ingin melihat dan mengetahui bangunan bersejarah tersebut. Selain wisata alam seperti pantai, gunung, goa, air terjun dan lainnya, Jawa Tengah juga memiliki wisata candi yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di provinsi tersebut.

Salah satu candi terkenal di Jawa Tengah adalah candi Cetho, jika terdapat wisatawan yang masih belum mengetahui tentang candi tersebut, maka disarankan untuk memasukkan candi Cetho ke daftar liburan yang selanjutnya, karena pesona alam yang ada disana sangat menarik dan mempesona. Candi Cetho berlokasi tepatnya di lereng sebelah barat Gunung Lawu, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ketika berada disana pengunjung akan merasakan beberapa hal menarik, diantaranya yaitu :

Kain Poleng

Sebelum masuk ke lokasi candi Cetho, pengunjung yang datang harus menggunakan kain poleng yang sudah tersedia dan cukup membayar seikhlasnya tanpa ada paksaan, kain tersebut memiliki corak warna hitam dan putih yang digunakan pada pinggang setiap pengunjung.

Pemandangan Sekitar Candi yang Indah

Lokasi candi tersebut berada pada daerah sekitar lereng gunung Lawu, sehingga suasana yang ada disana sejuk dan segar, selain itu disekeliling candi pengunjung juga bisa melihat hamparan kebun teh Kemuning yang luas berwarna hijau. Ketika pengunjung berjalan menuju ke arah candi juga akan melihat kebun teh tersebut, sehingga perjalanan akan lebih menyenangkan.

Salah Satu Jalur Pendakian Gunung Lawu

Gunung Lawu memiliki beberapa jalur pendakian, salah satunya adalah jalur pendakian melalui candi Cetho, jalur tersebut bisa terbilang yang paling panjang diantara jalur pendakian yang lainnya, namun jika pendaki memilih jalur ini maka akan melihat hamparan padang savana yang indah menemani perjalanan pendaki, sehingga tidak akan merasa lelah dan perndakian akan terasa menyenangkan.

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum pergi ke candi Cetho adalah kendaraan yang digunakan. Kenapa ? Karena jalur menuju candi tersebut memiliki jalan menanjak, sehingga kendaraan yang digunakan harus benar-benar dalam kondisi yang baik. Wisata candi Cetho tersebut sangat cocok untuk wisatawan yang ingin mencari suasana sejuk, ditambah dengan pemandangan sekitar candi yang mempesona.

Jika pengunjung ingin berlibur kesana maka bisa datang setiap hari dengan cukup membayar tiket masuk sebesar 7.000 rupiah untuk masyarakat lokal dan 25.000 rupiah untuk masyarakat dari mancanegara. Tidak sedikit masyarakat mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke candi Cetho tersebut, tidak lupa juga untuk setiap pengunjung yang datang mengambil foto atau video untuk disimpan menjadi kenangan, selain itu tetap diingatkan agar wisatawan yang datang selalu menjaga kebersihan agar keindahan alam di tempat wisata tetap terjaga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *